TOYOTA GAZOO Racing Siap Meraih Berbagai Gelar Juara Lomba Balap di Tahun 2020

TOYOTA GAZOO Racing (TGR) adalah bagian dari keluarga besar Toyota yang memposisikan kegiatan olahraga motor sebagai dasar dari pencarian bagi Toyota untuk membuat mobil yang lebih baik (ever-better cars).

Dari produk yang dikembangkan melalui kegiatan balap nasional dan internasional, hingga pembentukan GR Garage, kegiatan TGR telah mewujudkan dirinya sebagai metode komprehensif untuk meningkatkan penggemar Toyota, khususnya mobil sport.

TGR memulai tahun 2019 dengan mencapai kemenangan apik di ajang Reli Dakar. Di FIA World Endurance Championship (WEC), TGR mengamankan posisi juara tim dan pembalap, dan memenangkan ajang Le Mans 24 Jam untuk tahun kedua berturut-turut.

Di FIA World Rally Championship (WRC), TGR memenangkan gelar pembalap reli. Di Jepang, TGR memenangkan kejuaraan SUPER GT dan Super Formula, serta di lomba Japan Rally Championship.

Di 2019 adalah tahun yang sukses dimana TGR memberikan impresi yang kuat antara Toyota dan olahraga motor di Jepang dan negara-negara di belahan dunia lainnya.

Namun, TGR tidak akan berpuas diri. Untuk mewujudkan impian dan berbagi pengalaman balap yang menegangkan ke audiens yang lebih luas, tahun 2020 TGR akan terus terlibat dalam berbagai kegiatan olahraga motor dunia.

Musim WEC 2019-2020 akan menjadi tahun terakhir bagi mobil balap ketahanan TS050 HYBRID, dan TGR bermaksud untuk mengamankan kemenangan ketiga beruntun di 24 Hours of Le Mans.

Untuk musim WEC 2020-2021, yang dimulai setelah 24 Jam Le Mans, TGR bermaksud untuk berpartisipasi di kelas Le Mans Hypercar (LMH) menggunakan mobil balap dengan basis Toyota GR Super Sport yang saat ini sedang dalam pengembangan.

Reli dunia (WRC) akan kembali ke Jepang untuk pertama kalinya dalam 10 tahun, dengan Reli Jepang akan diadakan di Prefektur Aichi dan Gifu pada bulan November 2020.

Di SUPER GT, Supra akan kembali ke Kelas GT500 untuk pertama kalinya dalam 15 tahun.

Mengenai pengembangan pengemudi, untuk melahirkan pembalap Jepang yang mampu bersaing di panggung dunia, tim akan mempromosikan Program TGR Driver Challenge (TGR-DC), yang mengintegrasikan dan memperluas berbagai program yang ada.

Selain itu, TGR akan menawarkan kendaraan untuk tim balap rookie sehingga Toyota dapat memperoleh input dari sudut pandang tim balap perseorangan dan memasukkannya kembali ke pengembangan produk Toyota.

Terkait produk, tim telah meluncurkan GR Yaris di Tokyo Auto Salon bulan lalu. Ini adalah model kedua dalam seri GR yang diluncurkan secara global.

Toyota GR Yaris dikembangkan karena keinginan untuk “sekali lagi menciptakan mobil sport asli Toyota”. Master Driver Morizo, alias Presiden TMC Akio Toyoda, terlibat dalam mengevaluasi dan menguji mobil sejak pengembangan awal.

Menggabungkan pengetahuan yang dikumpulkan oleh TGR melalui partisipasinya dalam WRC, GR Yaris dirancang untuk memberikan kepada para pelanggan kegembiraan olahraga 4WD.

Ke depannya, TGR akan terus mengambil benefit dari pengalaman di kancah olahraga bermotor dalam pengembangan produk, dan berupaya untuk memperluas jajaran produk GR.